Info Bisnis Makanan

Menjalankan Bisnis Restoran

Posted on: 27 February 2009

——————————–
Tahukah anda kalau apa yang telah Anda pikirkan bahwa Anda sudah cukup untuk memulai sebuah Bisnis Restoran/Makanan bisa menjadi sebab gagalnya Bisnis Resto Anda dalam waktu tidak kurang dari setahun.

Anda mungkin adalah seorang pebisnis yang sangat berpengalaman atau Anda mempunyai warisan Bisnis Restoran/Makanan Keluarga tapi tidak mempunyai latar belakang tentang Bisnis Restoran atau Katering sama sekali – tidak perduli apapun kualifikasi yang Anda punya, sesuatu lebih baik dipelajari langsung dari ahlinya daripada menyadarinya kemudian. Dan, biasanya kemudian hari sudah sangat terlambat.

bisnis restoranPertama kali, bantulah diri Anda sendiri dengan lebih mengenal apakah Bisnis Restoran/Makanan itu dan karakternya. Hal-hal yang penting dan primer tidak boleh diabaikan dan dilupakan dalam Bisnis Restoran/Makanan. Dalam hal ini, yakinkanlah diri anda sendiri bahwa anda mampu untuk mengoperasikan/menjalankan bisnis Bisnis Restoran/Makanan ini karena mungkin saja anda belum tahu, bahwa Restoran/Bisnis Makanan adalah jenis bisnis yang kompleks.

Bisnis Restoran/Makanan seharusnya ditangani dari biaya makanan (food cost), pekerja, sewa (jika lokasi usaha bukan milik Anda), Promosi dan iklan, kualitas makanan, Pelayanan pelanggan, keuntungan dan tentunya sikap untuk melanjutkan tipe bisnis ini. Bagaimanapun juga, prinsip dasar dari penanganan Bisnis Restoran/Makanan adalah kembali kepada bagaimana pengoperasiannya oleh anda, pemilik dan gaya pengorganisasiannya dalam agenda kerja anda.

Dan daftarnya tidak berhenti sampai disitu, Bisnis Restoran/Makanan juga mempunyai kategorisasi dan merupakan salah satu pondasi dasar sebelum menangani serentetan tugas yang disebutkan diatas. Anda mungkin bertanya, Mengapa?? Simpel, bagaimana anda bisa mengetahui jenis pelayanan yang akan anda berikan kepada pelanggan anda dan jenis feedback yang anda harapkan jika anda tidak tahu kategori Bisnis Restoran/Makanan anda di awal?
——————

—————–

Ok, jadi inilah skenario sederhana. seorang pelanggan tidak mungkin akan banyak menuntut akan pelayanan yang serba ‘wah’ pada sebuah restoran counter ‘self service’ bukan?? Oleh karena itu, kita kemudian kembali ke prinsip dasar akan bagaimana menjalankan sebuah Bisnis Restoran/Makanan. Jika anda ingin membuat ciri khas restoran anda, anda bisa melanjutkan dengan rencana ini tapi usaha pendekatan ini akan menjadi lebih sulit untuk dipertahankan; belum juga biayanya yang mahal.ebook-bisnis-restoran2

Bagaimanapun, untuk tujuan pelayanan apapun juga, Pebisnis restoran harus mempertahankan fokusnya dalam mencapai tujuan untuk restorannya. Hal ini juga seharusnya tidak membatasi mereka agar terbuka untuk melakukan perubahan dan feedback untuk memenuhi keinginan para pelanggan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: