Info Bisnis Makanan

Perencanaan Peralatan untuk Kesuksesan Restoran Anda

Posted on: 27 February 2009

—————————

Dengan tujuan memahami lebih mendalam tentang apa yang diharapkan dari Operasional Bisnis Makanan/Restaurant anda, sangatlah penting bagi anda untuk memberi perhatian lebih TIDAK HANYA SEKEDAR KEPADA LEGALITAS DAN KEUANGAN, tapi juga KEPADA ELEMEN – ELEMEN PRAKTIS DAN FUNGSIONAL dari Bisnis Makanan anda.
peralatan-restoran-3
Sebagian dari tantangan untuk mendirikan dan menjalankan, mempertahankan agar pintu restoran selalu terbuka dan tetap bisa mendapatkan profit, berkembang menjadi bisnis yang dikelola dengan baik akan membutuhkan perhatian lebih kepada: Peralatan produksi dan pelayanan makanan (food service equipment), Denah Restoran (restaurant layout), proteksi dari asuransi yang terpercaya dan beberapa pertimbangan promosi, seperti pemasaran dan periklanan.

Ketika mempertimbangkan tentang peralatan/equipment .. ada beberapa aspek yang bisa dijadikan acuan :

  1. Semua hal praktis yang yang berkaitan dengan sukses tidaknya sebuah bisnis restoran seperti; kemampuan merespon dengan cepat pada perubahan, antisipasi pada trend dan adaptasi.
  2. Biaya pekerja akan meningkat dan mahal.
  3. Peralatan-peralatan kecil, penyimpanan dan denah; semuanya berhubungan dan sangat memberikan kontribusi kepada suksesnya sebuah bisnis restoran.
  4. Jenis-jenis peralatan sangat bekaitan dengan perencanaan menu dan hidangan yang akan disajikan.
  5. Buatlah daftar hidangannya dulu, kemudian pikirkanlah peralatan apa yang akan digunakan untuk membuat dan menghidangkannya.
  6. Pisahkan antara peralatan berat dan perlengkapan ringan
  7. Spesifikasi dan detil peralatan seperti; jumlah dan ukuran sangatlah penting
  8. Pertimbangkanlah hal-hal seperti; keperluan pemakaian peralatan pada waktu ramai (peak volume demand), ukuran porsi  (portion sizes), kapasitas pemakaian, praktek produksi makanan dan pembelian, dan prediksi untuk masa depan. (skala dan perluasan usaha).
  9. Anda perlu secara efektif menentukan jenis, ukuran dan jumlah peralatan secara spesifik memenuhi kebutuhan operasional restoran anda.ebook-bisnis-restoran2
  10. Terlalu banyak, terlalu sedikit, salah jenis dan kepasitas peralatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan (under-capacity) adalah beberapa contoh kesalahan umum yang biasa terjadi pada waktu perencanaan dan pembelian peralatan.

Rencanakanlah dengan matang, prediksikan dan analisalah .. apa yang anda butuhkan secara spesifik untuk kelancaran jalan anda ke arah KESUKSESAN BISNIS MAKANAN/ RESTORAN anda

Leave a comment

Calender

February 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Recent Comments